1:16 am - Thursday July 31, 2014

KARATE – Atlet Dunia Bakal Ramaikan Karate ISG

download (1)

Palembang, 17/7 (Nyana News) – Cabang olahraga karate Islamic Solidarity Games (ISG) III di Palembang pada 22 September – 1 Oktober mendatang bakal diramaikan atlet-atlet berperingkat terbaik dunia karena sejumlah negara peserta mengirim atlet yang masuk dalam rangking tiga besar Federasi Karate Dunia (WKF).

“Karate bakal menyuguhkan tontonan menarik karena yang ikut serta adalah juara-juara dunia dari negara-negara Islam kawasan Timur Tengah yang sudah menjadi kekuatan baru disamping Eropa,” kata Sekretaris Umum Federasi Olahraga Karate-do Indonesia Aliuddin di Palembang, Rabu.

Ia merincikan, para juara dunia dalam peringkat WKF itu diantaranya peringkat satu nomor kumite -75 kg Rafael Aghayev (Azarbaijan), peringkat dua kumite -84 kg Yavuz Karamollaoglu (Turki) dan peringkat tiga kumite -84 kg Enes Erkan (Turki)di kelompok putra.

Sementara untuk kelompok putri adalah peringkat dua kumite -50 kg Serap Ozcelik (Turki) dan peringkat dua kumite-68 kg Hafsa Seyda Burucu (Turki).

“Meski rangking dunia mayoritas dihuni atlet Turki, tapi tidak bisa mengesampingkan atlet-atlet dari Uzbekistan, Kuwait, dan Iran, karena negara-negara ini juga sering menjuarai berbagai ajang terbuka tingkat dunia,” katanya.

Terkait dengan peluang Indonesia, ia mengakui sangat kecil mengingat para peserta merupakan negara-negara terbaik dalam pembinaan prestasi olahraga karate.

“Untuk nomor kumite (pertarungan) jelas sulit karena untuk postur tubuh saja sudah kalah, tapi untuk nomor kata (seni) masih ada peluang,” ujarnya.

Ia menambahkan, sebanyak 300 atlet karate akan bersaing memperebutkan medali pada ajang olahraga antar negara-negara Islam anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) itu.

Panitia pelaksana telah memproyeksikan ruang pertemuan di Hotel Novotel sebagai arena pertandingan.

“Karate menjadi kontingen terbesar kedua dalam ISG kali ini setelah atletik yang akan diikuti 400 orang atlet. Bagi panitia lokal, bukan suatu masalah karena Sumsel telah berpengalaman menggelar ajang olahraga skala internasional,” katanya.

Sebanyak 25 negara telah memastikan keikutsertaan, yaitu Maladewa, Suriah, Oman, Brunei Darusalam, Irak, Sudan, Kuwait, Bahrain, Tunisia, Iran, Zambia, Pakistan, Arab Saudi, Mesir, Yordania, Azerbaijan, Suriname, Mozambik, Albania, Aljazair, Guinea, Turki dan tuan rumah Indonesia.

Sumsel ditetapkan sebagai tuan rumah ISG 2013 menggantikan Provinsi Riau dalam rapat koordinasi Menpora Roy Suryo, Menteri Agama Suryadharma Ali, dan instansi terkait, di kantor Kemenkokesra, Jakarta, Selasa (2/7).

Provinsi Sumsel yang pernah menjadi tuan rumah SEA Games 2011 hingga kini masih menunggu payung hukum Keppres untuk mengambil langkah berkaitan dengan penggunaan dana dan lainnya.

Sebanyak 1.759 orang atlet dan 624 orang ofisial akan ambil bagian pada ISG edisi ke-3 itu yang mempertandingkan 13 cabang olahraga. (Dolly R.)

Filed in: Olahraga